WELCOME TO MY BLOG

10 Jenis motif batik paling populer di indonesia

10 JENIS MOTIF BATIK PALING POPULER DI INDONESIA


1.    Sekar jagad
Batik jogja ini mempunyai makna segar jagad yang artinya kaindahan/kecantikan yang membuat orang yang melihatnya akan terpesona.
2.    Sidomukti magetan
Makna dan filosofinya adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin
3.    Keraton
Pada awalnya, batik ini sangat eksklusif. Rakyat biasa tidak diperkenankan memakai batik ini, karena yang hanya boleh memakai batik ini adalah para kesultanan dan keluarganya saja. Namun belakangan ini, peraturan tersebut dicabut sehingga rakyat biasa sekarang sudah boleh memakai batik ini. Penemu dari motif batik tersebut ialah para putri putri keraton yogya.
4.    Jepara ( batik kartini )
a.    Versi lama : memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lain sebagainya.
b.    Versi baru : batik tulis yang banyak variasinya.


5.    Solo ( batik sogan )
Ciri khasnya adalah warna motifnya yang berwarna kecoklatan. Batik ini masih menerapkan kesan tradisional dengan hanya memakai bahan bahan alami sebagai bahan pewarnanya. Filosofinya adalah gelombang gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.
6.    Kawung
Pasti dikenal oleh kakek kakek kita sejak dulu, karena batik ini merupakan motif tertua di indonesia. Motif ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren.
7.    Tasik
8.    Malang
9.    Pekalongan
10. Mega mendung

Batik ini memiliki khas tersendiri diantara motif batik lainnya dicirebon

Fikiran kita yang belum mendalami anak anak osis

Jangan pernah berpikiran sekolah itu hanya sebuah tempat yang khusus untuk belajar pelajaran di kelas saja, tapi ada beberapa kegiatan sela...